Kumpulan Berbagai Informasi Jaman Now

Sabtu, 03 November 2018

Banyak Yang Keliru, Ternyata Begini Cara Membaca Teks Pembukaan UUD 1945 Yang Benar Saat Upacara

Banyak Yang Keliru, Ternyata Begini Cara Membaca Teks Pembukaan UUD 1945 Yang Benar Saat Upacara

Banyak Yang Keliru, Ternyata Begini Cara Membaca Teks Pembukaan UUD 1945 Yang Benar Saat Upacara
Undang-Undang Dasar 1945
Cara membaca teks pembukaan UUD 1945 - Halo sobat-sobat semua? Apa kabarnya ni? Hmm, pasti baik-baik aja kan ? Nah, kali ini admin Media Info akan memberikan kalian informasi mengenai tata cara membaca teks pembukaan UUD 1945 yang baik dan benar. Mungkin kalian sering keliru saat membaca teks UUD 1945 saat upacara bendera, atau kalian mendapat tugas membaca teks UUD 1945 saat upacara besok, nah kalian gak perlu ragu dan cemas, karena disini sudah admin berikan cara yang baik dan benar tentang cara membaca teks UUD 1945 yang baik.

 UNDANG – UNDANG DASAR/NEGARA REPUBLIK INDONESIA/TAHUN 1945

PEMBUKAAN//.

Bahwa / sesungguhnya kemerdekaan itu / ialah hak segala bangsa / dan oleh sebab itu, maka / penjajahan di atas dunia harus dihapuskan / karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.//
Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia / telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa / menantarkan rakyat indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara indonesia /, yang merdeka /, bersatu /, berdaulat /, adil dan makmur //.
Atas berkat / rahmat Allah yang Maha Kuasa/ dan denagn didorongkan oleh keinginan luhur /, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas /, maka rakyat indonesia menyatakan dengan ini kemer-dekaannya//.
Kemudian dari pada itu / untuk membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia / yang melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia/ dan untuk memajukan kesejahteraan umum /, mencerdaskan kehidupan bangsa /, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan /, perdamaian abadi / dan keadilan sosial /, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu undang-undang dasar negara Indonesia /, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada / : ketuhanan Yang Maha Esa /, kemanusiaan yang adil dan beradab /, persatuan indonesia /, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan /, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Keterangan :
/      tanda berhenti sebentar seperti tanda koma (satu ketukan);
//     tanda dua ketukan, seperti tanda titik;
///    tanda tiga ketukan untuk antarbait, seperti pergantian antarparagraf;
- -   tanda pemberian tekanan pada suku kata atau kata.

Baca juga : Banyak Yang Keliru, Ternyata Begini Cara Membaca Teks Pembukaan UUD 1945 Yang Benar Saat Upacara

Nah, kalian udah tau kan gimana cara baca teks UUD 1945 yang baik dan benar? Namun, yang paling penting adalah kefokusan dan keberanian kalian saat membacanya. Semoga berhasil guysss.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Banyak Yang Keliru, Ternyata Begini Cara Membaca Teks Pembukaan UUD 1945 Yang Benar Saat Upacara

0 komentar:

Posting Komentar